Rabu, 03 Maret 2010

Cara meningkatkan kemampuan belajar Matematika

       Suatu cara baru meningkatkan kemampuan belajar matematika telah ditemukan, yaitu dengan cara 'setrum otak'. Cara yang dilakukan adalah merangsang otak dengan arus listrik yang tidak menyakitkan sedemikian rupa sehingga orang yang bersangkutan bisa meningkatkan ketrampilan matematis.
Penemuan ini bisa digunakan sebagai dasar pengembangan perawatan jangka panjang bagi orang yang secara alamiah menderita gangguan pemahaman matematika sepertidiskalkulia  atau disleksia matematika. Kelainan ini menyebabkan seseorang tidak bisa memahami konsep matematika bahkan yang paling sederhana sekalipun.

CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA
Penemuan ini merupakan hasil studi yang dilakukan tim yang dipimpin oleh Roi Kadosh Cohen, seorang ahli syaraf di Universitas Oxford di Inggris.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode non-invasif yang disebut stimulasi arus transkranialyaitu mengalirkan arus lemah ke otak 15 orang sukarelawan. Arus listrik dialirkan menggunakan semacam elektrode yang ditempelkan di kulit kepala.
Ke-15 sukarelawan memilike kemampuan matematika normal. Sebelumnya mereka dilatih untuk mengasosiasikan beberapa simbol acak dengan angka. Pada setiap sesi pelatihan para sukarelawan menerima stimulasi listrik selama sekitar 20 menit pada bagian otak yang disebut lobus parietal. Bagian ini merupakan bagian otak yang penting untuk proses matematis.

        Setelah perlakuan tersebut sukarelawan di test dengan serangkaian ujian tertentu, dan ternyata kemampuan numeriknya meningkat. Bahkan ketika diuji lagi 6 bulan sesudahnya, ternyata hasil terapi tersebut tetap bertahan. Artinya peningkatan kemampuan numerik tersebut tetap dipertahankan oleh otak.
Sayangnya para ilmuwan sendiri belum bisa menjelaskan proses yang terjadi pada uji coba tersebut. Yang jelas ini merupakan langkah awal yang memungkinkan penelitian lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

otak hebat. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer