Kamis, 11 Agustus 2011

Cara Kerja Otak


Otak merupakan pengendali utama dari tubuh manusia, otak terbungkusdalam tengkorak kepala dan dilindungi oleh cairan serebospinal. Cairan ini yang berfungsi untuk melindungi otak dari berbagai gangguan baik getaran maupun benturan di kepala.Dengan otak yang di berikan oleh yang maha kuasa kita bisa berpikir, bersosialisasi, berkomonikasidan mengingat segala sesuatu kejadian yang telah kamu lewati. Otak manusia lebih besar dibandingkan dengan otak hewan, beratnya kira-kira 1,4 kg dan terdiri dari 100 milyar sel saraf. Otak terdiri atas beberapa bagian utama seperti serebrum, serebelum dan batang otak. Serebrum merupakan bagian terbesar dari otak. Beratnya sekitar 85% dari berat otak, serebrum terbagi atas dua hemisfer.Batang otak menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang
Cara kerja otak manusia
Otak bekerja sama dengan organ tubuh kita lainnya sehingga tubuh kita bisa bekerja sesuai perintahnya. Otak dan Sum-sum tulang belakang membentuk sistem syaraf pusat, kedua sistem ini bekerja sama untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan tubuh.Saat anda berpikir keras cerebrum (hemisfer) berfungsi untuk mengingatnya, menganalisa, sehinggamuncul ide-ide kreatif (hemisfer kanan). Untuk logika dan bicara di gunakan hemisfer kiri.Batang otak berfungsi untuk kebutuhan-kebutuhan dasar dari organ tubuh seperti mengatur denyut jantung, bernapas, sistem pencernaan, sirkulasi darah dan merasakan kapan kita terbangun maupuntertidur.
Anatomi Otak Manusia

Batang otak :
terletak di bagian bawah otak berfungsi untuk sistem kendali tubuh seperti bernapas, denyut jantung, tidur dan tekanan darah.
Serebelum:
merupakan bagian kedua terbesar yang berfungsi untuk mengkoordinasi pergerakan otot dan mengontrol keseimbangan.
Serebrum:
adalah bagian terbesar dari otak yang berfungsi untuk berpikir, berbicara,mengingat, menerima sensor dan pergerakan. serebrum di bagi atas empat bagian yang masing-masing mempunyai tugas khusus.
Frontal lobe:
terletak di belakang kepala berfungsi untuk berpikir, belajar, emosi dan pergerakan.
Occipital lobe:
berfungsi untuk memproses objek atau untuk penglihatan
Pariental lobe:
terletak di bagian atas otak yang berfungsi untuk merasakan sensai pada tubuhseperti sentuhan, temperatur dan rasa sakit.
Temporal lobe:
berfungsi untuk memproses suara yang masuk dan juga daya ingat.
Left hemisphere:
(hemisfer kiri) atau lebih di kenal dengan otak kiri berfungsi untuk berhitung,analisa dan bahasa.
Right hemisphere:
: (otak kanan) berfungsi untuk menghailkan pikiran-pikiran kreatif.


Otak manusia berisi berjuta-juta sel syaraf (neuron). Tiap sel bekerja seperti suatu prosesor sederhana.Masing-masing sel tersebut saling berinteraksi secara ³unik´ sehingga mendukung kemampuan kerjaotak manusia.Model struktur dari neuron oleh para ahli dibuat seperti pada gambar di bawah ini.


Setiap neuron memiliki satu inti sel yang bertugas melakukan pengolahan informasi. Informasi yangdatang akan diterima oleh dendrit. Informasi yang datang dan diterima oleh dendrit akan dijumlahkandan dikirim melalui axon ke dendrit akhir yang bersentuhan dengan dendrit dari neuron yang lain.Output informasi ini akan menjadi input bagi neuron lain. Antar dendrit kedua sel tersebutdihubungkan dengan synapsis. Informasi yang dikirim antar neuron berupa rangsangan yangdilewatkan melalui dendrit. Informasi ini akan diterima oleh neuron lain jika memenuhi batasantertentu, yang sering dikenal dengan ³nilai ambang (threshold)´. Dalam hal ini neuron dikatakan³teraktivasi´. Hubungan antar neuron terjadi secara adaptif, artinya struktur hubungan tersebut terjadisecara dinamis.Untuk lebih jelasnya marilah kita cermati ilustrasi berikut ini.

1.Terdapat api unggun di sekitar kita.
2.Citra´ api (warna dan bentuk) dikirim ke otak melalui sensor pancaindera.
3.Informasi bau terbakar´ yang terjadi dikirim ke otak, juga melalui sensor pancaindera.
4.Informasi panas´ juga dikirim ke otak.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita dapat segera memutuskan untuk tidak mendekati bahkan tidak menyentuh api unggun tersebut ?Ilustrasi berikut barangkali mendekati tahap-tahap proses yang tepat.

1.Awalnya memori otak masih kosong.
2.Informasi ³bau terbakar´ dikenali oleh otak melalui sensor pancaindera.
3.Demikian juga dengan informasi ³panas´ dan ³citra´ api (warna dan bentuk).
4.ke semua informasi di atas dikenali pada waktu, tempat, dan ruang yang berbeda-beda,termasuk ³akibat positif´ dan ³akibat negatif´ nya bagi seluruh tubuh.
5.K emudian, pada saat sensor pancaindera menangkap ³citra api unggun´, sel-sel syaraf otak bekerja secara unik dan adaptif untuk segera memutuskan perintah apa yang harus diberikan keseluruh anggota tubuh.

Pada dasarnya terdapat beberapa tahap proses adaptif otak manusia seperti yang tergambar pada model berikut :


Yang menarik dari model ini adalah :
Kemampuan utama otak adalah pada proses PEMBELAJARAN (learning) dan PELATIHAN(training) yang akan mampu menciptakan hubungan synapsis antar neuron yang teraktivasi secara³unik´ sehingga memungkinkan untuk mengambil informasi tambahan dari neuron lain.
Kesemuanyaitu bekerja secara adaptif dan dinamis.Satu hal lagi yang tidak bisa dilupakan dan merupakan syarat mutlak. Fungsi kerja otak mutlak harusdidukung oleh supply aliran darah yang cukup. Buktinya sederhana, orang mati sudah pasti tidak adaaliran darah kecuali darah sisa yang tertinggal.Jadi, pada dasarnya tidak ada orang genius, tidak ada orang cerdas, tidak ada orang bodoh, tidak adaorang idiot. Predikat-predikat tersebut tercipta hanya oleh karena adanya perbedaan :

1.Jumlah sel syaraf di otak (mungkin ini yang dimaksud perbedaan mendasarnya«
2.Kemauan dan kemampuan untuk melakukan training dan learning pada seluruh sel syaraf diotak.
3.Supply aliran darah yang cukup ke seluruh sel-sel syaraf otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

otak hebat. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer